™ ShiniOchi ™: MACAM-MACAM MEMORY YANG TERDAPAT PADA KOMPUTER KITA !!!

MACAM-MACAM MEMORY YANG TERDAPAT PADA KOMPUTER KITA !!!

Di dalam memory komputer di bagi menjadi 2:
A.Memory Internal 
B.Memory Eksternal
dan di masing -masing bagian mempunya macam memory tersendiri.

A.Memory Internal
Memori internal merupakan memori yang dapat diakses secara langsung oleh processor.
Memori Internal dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1.ROM (Read Only Memory)









ROM adalah memori yang hanya bias dibaca saja dan tidak dapat dirubah dan dihapus karena sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer.Rom berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti program BIOS dan program booting.

2.RAM (Random Access Memory)











RAM adalah memori yang dapat diakses secara random (acak).RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on / sedang hidup).

3.Cache Memory











Cache memory adalah memory  berukuran kecil yang berkecepatan tinggi dan berfungsi untuk menyimpan sementara intsruksi dan data (informasi) yang diperlukan processor.Boleh dikatakan bahwa cache memory ini adalah memory internal processor.Pada saat ini, Cache memory ada tiga jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.



B.Memory Ekstrnal

Memory eksternal adalah memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan menyimpan data atau program.Konsep dasar memori eksternal adalah menyimpan data bersifat tetap , baik pada saat komputer aktif atau tidak.Memori eksternal berfungsi untuk melakukan operasi penulisan ,pembacaan,dan penyimpanan data di luar memori utama.
Beberapa Memori eksternal yang sering digunakan adalah sebagai berikut:
1.CD (Compact Disk)








CD merupakan media penyimpanan yang memiliki format seperti Compact disc Audio.CD dibagi menjadi dua,yaitu CD-R dan CD-RW yang bisa dipakai ulang.

2.Flashdisk











Flashdisk memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan disket.Tingkat ketahanannya juga jauh lebih bagus dibandingkan disket dan CD.Flashdisk tidak memerlukan drive khusus tetapi hanya memerlukan port USB.Kapasitas penyimpanan flashdisk hingga saat ini sudah mencapai 16 GB.

3.Harddisk Eksternal









Harddisk eksternal merupakan perangkat penyimpanan yang mana fungsi dan kapasitasnya hamper sama dengan harddisk internal.Kapasitas simpan harddisk eksternal sangat bervariasi,mulai dari 40 GB samapi 50 GB.Namun kini juga sudah muncul harddisk eksternal yang daya tampungnya mencapi 1,5 TB atau sama dengan 1500 GB.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ™ ShiniOchi ™ Urang-kurai